• Pelayanan Kami ❯ Melayani Jasa Bungkar Atap Lama Di Ganti Baja Ringan SURVE Dan Konsultasi GRATiis..!! 24 JAM Tlpn = 0274 2853197
  • Hubungi Kami ❯ WA 0815.1117.1631 / 0877.17171.500 Baja Ringan Klaten, Baja Ringan Jogja, Baja Ringan Magelang, Baja Ringan Bantul
Beranda » Blog » Tips Memilih Bentuk Rangka untuk Atap Baja Ringan

Tips Memilih Bentuk Rangka untuk Atap Baja Ringan

Diposting pada 26 Desember 2021 oleh admin / Dilihat: 71 kali / Kategori: , ,
Tips Memilih Bentuk Rangka untuk Atap Baja Ringan

Tips Memilih Bentuk Rangka untuk Atap Baja Ringan

Memahami tips memilih bentuk rangka untuk atap baja ringan termasuk hal yang penting karena berkaitan dengan kekuatan dan estetika bangunan. Atap baja ringan saat ini semakin banyak digemari untuk pembangunan rumah karena menawarkan berbagai macam keunggulan.

Beberapa diantaranya adalah bobotnya yang lebih ringan, lebih kokoh, dan juga memiliki biaya lebih terjangkau. Maka dari itu, wajar jika saat ini banyak orang mulai beralih untuk menggunakan atap yang terbuat dari baja ringan untuk konstruksi mereka.

Tips Memilih Bentuk Rangka untuk Atap Baja Ringan Terbaik

Memilih rangka baja ringan untuk atap bangunan tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal penting agar pemilihan atap tersebut bisa berfungsi secara maksimal. Sebagai informasi, berikut adalah beberapa tips memilih bentuk rangka untuk atap baja ringan yang perlu Anda cermati.

1. Pilih Rangka Baja Ringan yang Sesuai Dengan Jenis Penutup Atap 

Tips pertama yang perlu dipertimbangkan ketika ingin memilih baja ringan untuk atap adalah menyesuaikan dengan jenis atap yang ingin digunakan. Sesuai namanya, baja ringan cenderung memiliki ukuran yang ringan dan tipis namun kekuatannya cukup kokoh untuk menopang atap.

Meski demikian, namun Anda tetap harus cermat dalam memilih jenis baja ringan yang digunakan. Pastikan kalau jenis baja ringan tersebut sesuai dengan atap yang akan digunakan. Sehingga kekuatan dan daya tahan atap pun akan menjadi lebih maksimal.

Saat ini ada beberapa jenis atap yang bisa digunakan untuk sebuah bangunan. Mulai dari jenis atau GoGreen, atap Spandek, dan ada juga atap Genteng Metal. Sebisa mungkin Anda perlu menyesuaikan ketebalan baja ringan dengan beban yang akan di pasang pada bagian atap tersebut.

Semakin agak berat atap yang dipakai maka umumnya ukuran baja ringan yang perlu digunakan pun semakin tebal. Hal ini bertujuan untuk menopang kekuatan dan struktur atap agar tetap kokoh dan tahan lama. 

2. Perhatikan Kualitas Atap Baja Ringan

Tips berikutnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah pemilihan kualitas rangka atap baja ringan. Pastikan kalau Anda hanya memilih atap baja ringan dari jenis yang berkualitas dan sudah memenuhi standar keamanan.

Meskipun saat ini sudah semakin banyak brand baja ringan yang beredar di pasaran, namun Anda tetap harus teliti. Pastikan Anda memperhatikan kualitas yang dimiliki oleh produk baja ringan tersebut karena berkaitan dengan faktor keamanan.

Anda perlu memilih jenis atap baja ringan yang sudah memiliki jaminan standar SNI agar mutunya tetap terjaga. Selain itu, Anda juga bisa memilih baja ringan dengan kekuatan sesuai spesifikasi standar minimal.

Standar minimal baja ringan umumnya dinyatakan dalam nilai kekuatan tarikan tegangan yang dimiliki. Untuk mendapatkan atap dengan kualitas terbaik, Anda bisa memilih jenis atap baja ringan dengan kekuatan daya tahan hingga 550 Mpa.

Semakin tinggi tentunya semakin bagus namun harganya juga akan menjadi lebih mahal. Semakin besar nilainya maka akan semakin kuat daya topang yang dimiliki oleh rangkaian atap baja ringan tersebut.

3. Perhatikan Sistem Penguat Atap Baja Ringan

Memasang atap baja ringan memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Para tukang bangunan standar pun belum tentu mengetahui tentang struktur dan cara pasang baja ringan.

Secara umum baja ringan memiliki tingkat ketebalan yang relatif tipis dengan ketebalan minimum adalah sebesar 0,75 mm. Ukurannya yang tipis membuat Anda perlu memperhatikan struktur pemasangan atap baja ringan tersebut.

Para pemasangan atap baja ringan umumnya akan membutuhkan struktur pengaku atau bracing di dalamnya. Tujuannya adalah untuk membuat atap baja ringan tersebut menjadi lebih kuat dan mampu menopang bobot atap yang digunakan.

Ada beberapa jenis sistem bracing yang umum digunakan dalam pembuatan rangka atap baja ringan. Misalnya diagonal web bracing, top chord bracing, laterai tie, dan lain sebagainya. Anda perlu memilih jenis sistem pengaku yang tepat dan sesuai kekuatan penutup atap baja ringan tersebut.

4. Sesuaikan Dengan Bentuk Desain Bangunan

Tips memilih bentuk rangka untuk atap baja ringan yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan selanjutnya adalah menyesuaikan dengan bentuk desain bangunan. Sebab hal ini akan mempengaruhi tingkat estetika yang dimiliki oleh bangunan tersebut.

Secara umum rangka atap baja ringan relatif cenderung fleksibel dalam pengaturan dan penyusunan nya. Sehingga strukturnya pun lebih mudah menyesuaikan dengan bentuk dan desain dari bangunan yang Anda miliki.

Untuk model atap rumah umumnya desain yang banyak dipilih adalah berbentuk segitiga. Maka dari itu, Anda perlu memilih atap baja ringan yang memang memiliki kekuatan optimal untuk menopang beban di atapnya.

Terlebih jika Anda ingin menggunakan unsur campuran semen pada bagian atap bangunan. Pastikan juga Anda memilih jenis baja ringan yang memiliki lapisan anti korosi dan tahan terhadap campuran semen atau garam.

5. Tips Memilih Bentuk Rangka untuk Atap Baja Ringan : Pilih yang Bergaransi

Tujuan penggunaan atap baja ringan umumnya untuk jangka panjang karena akan dipakai untuk perlindungan pada bangunan. Maka dari itu, tidak ada salahnya kalau Anda mempertimbankan garansi yang diberikan.

Keberadaan garansi bisa menjadi salah satu faktor yang bisa digunakan untuk menilai kualitas suatu baja ringan. Baja ringan yang sudah bergaransi umumnya sudah lolos uji ketahanan tarikan dan tegangan sehingga layak untuk digunakan.

Anda perlu memilih jenis baja ringan yang memiliki jaminan garansi agak lama agar perlindungannya menjadi semakin optimal. Jadi sebelum memilih baja ringan untuk atap rumah, pastikan kalau anda tidak melewatkan komponen yang satu ini.

6. Konsultasi Dengan Arsitek Baja Ringan

Baja ringan termasuk teknologi baru dalam industri perumahan yang belakangan mulai populer digunakan. Maka dari itu wajar jika tidak semua tukang bangunan paham dan mengerti mengenai struktur pemasangan baja ringan dan nilai estetikanya.

Maka dari itu, untuk mendapatkan desain atap terbaik dan berkualitas, Anda bisa saja menyewa jasa ahli baja ringan atau arsitek. Dengan demikian, Anda bisa berkonsultasi secara intensif terkait desain atap, pemilihan baja ringan, dan bahkan estimasi biaya yang harus dikeluarkan.

Hal ini tentunya akan memudahkan Anda dalam memilih dan menetapkan desain yang tepat sesuai pertimbangan dari pakar. Sehingga fungsionalitas dan tingkat estetika dari atap baja ringan tersebut pun bisa menjadi semakin optimal.

Memilih jenis atap baja ringan yang tepat memang butuh banyak faktor pertimbangan. Namun kalau Anda mencari jasa pemasangan baja ringan terbaik dan berkualitas prima, Baja Ringan Bantul adalah solusi tepat untuk Anda.

Baja Ringan Bantul menyediakan berbagai macam layanan pembuatan atap baja ringan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari atap baja ringan untuk rumah, kanopi, ruko, dan bangunan lainnya. Selain profesional dan berkualitas, Biaya pasang atap baja ringan  yang ditawarkan pun relatif cukup terjangkau.

Penasaran dengan info lengkapnya? Langsung saja kunjungi bajaringanbantul.com dan dapatkan penawaran terbaiknya untuk rumah Anda. Menggunakan beberapa tips memilih bentuk rangka untuk atap baja ringan di atas, Anda bisa lebih efektif dalam memilih atap bangunan.

Tags: , ,

Bagikan ke

Tips Memilih Bentuk Rangka untuk Atap Baja Ringan

Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama memberikan komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Pasang baja ringan murah jogja klaten & magelang kontruksi rangka atap

Pasang Rangka Atap Baja Ringan UNTUK GENTENG RINGAN _______________________________ Rp 125.000 / m2 Keunggulan menggunakan rangka atap baja ringan : Efisien Tahan terhadap api Tidak dimakan rayap Kuat dan tahan lama Tidak ada perawatan Lebih tahan karat Pengerjaan lebih cepat Flexible, bisa digunakan untuk berbagai bentuk atap Dihitung dengan software khusus, jadi tidak perlu khawatir…

Rp 125.000
Tersedia / C75.075mm

PAKET BAJA TASO RANGKA ATAP BAJA RINGAN UNTUK GENTENG BERAT

PAKET BAJA TASO RANGKA ATAP BAJA RINGAN UNTUK GENTENG BERAT _______________________________ Rp 180.000 / m2 Keunggulan menggunakan rangka atap baja ringan taso : Efisien Tahan terhadap api Tidak dimakan rayap Kuat dan tahan lama Tidak ada perawatan Lebih tahan karat Pengerjaan lebih cepat Flexible, bisa digunakan untuk berbagai bentuk atap Dihitung dengan software khusus, jadi…

Rp 180.000
Tersedia / C75.075mm

Harga Jasa Pasang Atap Baja Ringan

Harga Jasa Pasang Atap Baja Ringan – Kami informasikan harga Jasa baja ringan Jogja, Rangka atap baja ringan Jogja, Jasa pemasangan baja ringan Jogja, rangka baja ringan Jogja, harga pemasangan baja ringan Jogja, harga baja ringan Jogja, harga galvalum Jogja, tukang baja ringan Jogja, baja ringan Jogja murah di tahun ini. Bagi anda yang ingin / bertempat tinggal di Yogyakarta, Bantul, Sleman, Gunungkidul, Kulon…

Rp 125.000
Tersedia
Terpopuler

PAKET TASO RANGKA ATAP BAJA RINGAN + GENTENG METAL PASIR

PAKET TASO RANGKA ATAP BAJA RINGAN + GENTENG METAL PASIR _______________________________ Rp 235.000 / m2 Keunggulan menggunakan rangka atap baja ringan taso : Efisien Tahan terhadap api Tidak dimakan rayap Kuat dan tahan lama Tidak ada perawatan Lebih tahan karat Pengerjaan lebih cepat Flexible, bisa digunakan untuk berbagai bentuk atap Dihitung dengan software khusus, jadi…

Rp 235.000
Tersedia / C75.075mm

PASANG RANGKA ATAP BAJA RINGAN TASO UNTUK GENTENG RINGAN

PASANG RANGKA ATAP BAJA RINGAN TASO UNTUK GENTENG RINGAN _______________________________ Rp 170.000 / m2 Search keyword:pasang rangka atap baja ringan, pasang atap baja ringan tanpa reng, pasang genteng baja ringan, pasang rangka baja ringan, pasang rangka baja Keunggulan menggunakan rangka atap baja ringan taso : Efisien Tahan terhadap api Tidak dimakan rayap Kuat dan tahan…

Rp 170.000
Tersedia / C75.075mm
Terpopuler

Rangka Baja Ringan Terpasang

Rangka Baja Ringan Terpasang – Sebelum melakukan pemasangan baja ringan pada atap rumah kita ada baiknya kita memahami terlebih dahulu mengenai pengertian baja ringan. Baja Ringan merupakan baja berkualitas tinggi dan memiliki sifat ringan dan tipis namun tanpa mengurangi kekuatan ataupun kekokohannya. Search keyword:harga rangka baja ringan, rangka baja ringan limasan, rangka baja ringan atap…

Rp 125.000
Tersedia / C75.075mm

Tips Memilih Bentuk Rangka untuk Atap Baja Ringan

Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

M.Iqbal
● online
Intan
● online
DIAN
● online
M.Iqbal
● online
Halo, perkenalkan saya M.Iqbal
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja