• Pelayanan Kami ❯ Melayani Jasa Bungkar Atap Lama Di Ganti Baja Ringan SURVE Dan Konsultasi GRATiis..!! 24 JAM Tlpn = 0274 2853197
  • Hubungi Kami ❯ WA 0815.1117.1631 / 0877.17171.500 Baja Ringan Klaten, Baja Ringan Jogja, Baja Ringan Magelang, Baja Ringan Bantul
Beranda » Blog » Perbedaan Baja Galvanis dan Galvalum yang Perlu Anda Ketahui

Perbedaan Baja Galvanis dan Galvalum yang Perlu Anda Ketahui

Diposting pada 26 Desember 2021 oleh admin / Dilihat: 79 kali / Kategori: ,
Perbedaan Baja Galvanis dan Galvalum

Perbedaan Baja Galvanis dan Galvalum

Baja galvanis dan galvalum terlihat dari kandungan pelapisnya. Galvanis dan galvalume ini merupakan dua jenis pelapisan baja yang cukup dikenal dan digunakan oleh masyarakat. Pada umumnya, galvalum dan galvanis ini sering digunakan untuk membedakan jenis pelapis yang digunakan pada baja ringan. 

Galvalum sendiri merupakan bahan coating yang mengandung aluminium dan seng. Sementara itu, galvanis merupakan coating baja yang hanya mengandung zinc. Bagi Anda yang belum paham apa hal yang menjadi faktor pembeda antara galvanis dan galvalum, maka bisa simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Perbedaan Galvanis dan Galvalum

Perbedaan galvanis dan galvalum ini cukup signifikan. Dalam dunia konstruksi, tentunya Anda pernah mendengar istilah baja galvanis dan baja galvalum. 

Untuk itu, berikut ini akan dijelaskan apa saja yang menjadi pembeda antara galvanis dan galvalum. 

Galvanis

Galvanis merupakan suatu proses pemberian lapisan zinc yang dilakukan terhadap baja. Dengan proses pemberian lapisan zinc ini, maka baja pun tidak akan mudah berkarat. 

Uraian bahan yang terdapat dalam Galvanis adalah seng sebesar 97 persen, dan aluminium sebesar 1 kurang lebih 1 persen. Untuk 2 persennya lagi merupakan bahan campuran lain. 

Zinc yang digunakan sebagai pelapis baja ini akan terus terkikis oleh polutan hingga habis. Setelah itu, barulah proses perkaratan ini dimulai pada baja. Namun, proses perkaratan ini tidak akan langsung terjadi pada rangka bajanya. 

Hal ini dikarenakan rangka baja yang sudah terlindungi oleh lapisan galvanis. 

Untuk proses pencelupan ini sendiri terbagi menjadi 2 cara, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pencelupan Konvensional

Perbedaan galvanis dan galvalum terletak pada proses pencelupan konvensionalnya.  Baja yang pada umumnya sudah terbentuk ini akan dicelupkan kedalam cairan timah untuk melapisinya. 

  • Proses Continous Hot Dipped

Dalam proses ini, baja akan lebih dulu dicelupkan kedalam cairan timah. Hal ini akan berlangsung secara terus menerus. Bahan yang dicelupkan kedalam cairan timah ini merupakan plat baja gulungan. 

Ada banyak sekali besi yang diberi lapisan galvanis. Dimana galvanis merupakan pelapisan dari zinc, aluminium, kromat, dan dari berbagai kandungan bahan lain yang terdapat pada metal atau besi utama. 

Fungsi dari proses pelapisan baja ini adalah untuk menghindari terjadinya adanya kerusakan material baja akibat gesekan dengan bahan lain. 

Bahan yang bisa merusak material baja ini seperti asam air hujan. Asam yang terkandung dalam air hujan ini bisa menyebabkan besi berkarat. 

Pelapisan pada galvanis ini juga akan menahan besi dari perkaratan yang timbul pada lapisan besi utamanya. Proses galvanisasi yang paling umum dilakukan adalah dengan cara mencelupkan besi utamanya kedalam larutan garam. 

Selain itu, proses pencelupan ini juga mengandung zinc. Setelah proses pelapisan selesai, maka besi akan dialiri listrik. Tujuannya adalah agar zinc bisa menempel dengan baik pada permukaan bajanya. 

Galvalume

Perbedaan galvanis dan galvalum terlihat dari proses pelapisan galvalume yang hanya bisa dilakukan dengan sistem continous hot dipped. 

Saat ini, sudah ada pelapisan baja yang disebut dengan proses NOF. Secara umum, proses Non Oxides Furnace ini sama dengan proses continous hot dipped yang digunakan pada pelapisan galvanis. 

Namun, hal yang membedakan antara galvanis dan galvalum adalah pada proses pemanasannya, dan tempat penyimpanan cairan pelapisnya. 

Komposisi cairan yang berasal dari pelapisan galvalume ini terdiri dari 55 persen aluminium, dan 45 persen seng. Jadi, bisa dipastikan bahwa untuk 100 persennya murni terdiri dari aluminium dan seng saja. 

Dikarenakan kandungan dari aluminium yang cukup tinggi pada galvalume ini, maka membuat lapisannya lebih tahan akan karat jika dibandingkan dengan pelapisan yang dilakukan pada galvanis. 

Namun, bahan alumunium ini tidak bisa dicampurkan dengan semen. Perlu Anda ketahui juga, bahwa alumunium tidak bisa melindungi baja dari polutan yang menjadi penyebab karat. 

Pada kenyataannya, alumunium jauh lebih tahan karat daripada zinc. Jadi, bisa ditarik kesimpulan bahwa baja yang dilapisi dengan alumunium akan sangat tahan terhadap karat. Namun, baja ini tidak akan tahan terhadap keropos. 

Perbedaan galvanis dan galvalum ini sendiri sering ditemukan pada proses pembuatan rangka atap. Baik atap yang menggunakan galvalum maupun yang menggunakan baja ringan. 

Galvalum sendiri digunakan sebagai pengganti dari besi pada konstruksi yang tidak hanya fokus pada beban saja. Namun, penggunaan galvalum ini juga dipilih karena keunggulannya yang bebas dari perkaratan. 

Besi jenis galvalume ini memang lebih sering digunakan karena lebih mudah dalam proses pemasangannya. 

5 Perbedaan Galvanis dan Galvalum

Perbedaan galvanis dan galvalum  ini cukup kompleks dari beberapa hal. Berikut hal-hal yang menjadi pembeda antara kedua lapisan baja ini. 

  1. Proses dan metode pelapisannya. 
  2. Komposisi yang ada pada cairan pelapisannya. 
  3. Daya tahan lapisan terhadap baja. 
  4. Galvalum tidak memiliki ketahanan terhadap karat, sedangkan galvanis lebih tahan akan keropos. 
  5. Galvalum tidak bisa dicampurkan dengan bahan semen. 

Setelah Anda memahami Perbedaan galvanis dan galvalum, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa apabila Anda menginginkan umur besi yang lebih panjang, maka baja ringan bisa Anda pilih. 

Pada daerah yang memiliki intensitas cuaca ekstrim, besi galvalume bisa dijadikan sebagai pilihan terbaik. Hal ini dikarenakan galvalum lebih tahan akan proses pemuaian. 

Nah, untuk persamaan yang dimiliki dari galvanis dan galvalum ini adalah dimana keduanya sama-sama tidak bisa terlalu lama terkena paparan asam yang cukup kuat. Selain itu, baik galvalum maupun galvanis merupakan dua jenis besi yang juga sama-sama tidak bisa bertahan lama jika tercampur dengan minyak.

Perlu Anda ketahui, bahwa rangka galvalum memiliki kualitas lebih baik dari rangka galvalum. Dimana rangka galvanis lebih mudah mengalami perkaratan apabila bergesekan secara langsung dengan material lainnya. 

Rangka galvalum sendiri memiliki ketahanan lebih baik terhadap karat dan korosi. Hal ini tentu saja berbanding terbalik dengan rangka galvalum yang rentan akan perkaratan dan korosi atau keropos. 

Hal ini dikarenakan kandungan aluminium yang cukup tinggi pada pelapisan rangka galvalumnya. Sifat dari aluminium yang tahan akan karat ini kemudian dikombinasikan dengan zinc. Dengan begitu, maka bisa menjadikan rangka galvalum ini lebih tahan akan karat dan lebih kuat daripada rangka galvanis untuk pasang baja ringan

Agar rangka galvanis ini bisa memiliki kualitas yang lebih baik dan lebih tahan lama terhadap karat dan korosi, maka diperlukan pelapisan pada bajanya. Pelapisan rangka galvanis ini menggunakan cat anti karat yang berkualitas baik. 

Dengan adanya lapisan cat anti karat tersebut, maka rangka galvanis ini akan lebih tahan terhadap kondisi cuaca ekstrim. Meskipun galvanis dan galvalum berbeda, namun kedua jenis besi ini memiliki tampilan yang sangat cukup tebal. 

Demikianlah penjelasan mengenai Perbedaan galvanis dan galvalum semoga bermanfaat untuk Anda. 

Bagi Anda yang sedang mencari baja ringan zincalume, bisa mendapatkannya di Toko Baja Ringan terdekat, ini merupakan supplier baja ringan zincalume yang berkualitas dan sudah berpengalaman dibidangnya.

Tags: ,

Bagikan ke

Perbedaan Baja Galvanis dan Galvalum yang Perlu Anda Ketahui

Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama memberikan komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Diskon
8%

Baja Ringan Murah Taso Dan Genteng Sakura Roof

Baja Ringan Murah Taso Dan Genteng Sakura Roof Rp 290.000/mtr Search keyword:baja ringan sakura, baja ringan taso bandung, baja ringan taso ukuran Baja ringan murah Taso – adalah sebuah perkembangan teknologi terbaru struktur atap menggunakan konstruksi baja yang kuat tetapi ringan yang terbuat dari bahan Zincalume AZ 100 G 550. Baja Ringan Murah Taso –…

Rp 290.000 Rp 315.000
Tersedia / C75.075mm

PASANG RANGKA ATAP BAJA RINGAN TASO UNTUK GENTENG RINGAN

PASANG RANGKA ATAP BAJA RINGAN TASO UNTUK GENTENG RINGAN _______________________________ Rp 170.000 / m2 Search keyword:pasang rangka atap baja ringan, pasang atap baja ringan tanpa reng, pasang genteng baja ringan, pasang rangka baja ringan, pasang rangka baja Keunggulan menggunakan rangka atap baja ringan taso : Efisien Tahan terhadap api Tidak dimakan rayap Kuat dan tahan…

Rp 170.000
Tersedia / C75.075mm

Daftar Harga Jasa Pasang Plafon Pvc 2024

Jasa Pasang Plafon Pvc 2024 – Harga Jasa Pasang Plafon Pvc yang kami tawarkan relatif lebih murah dan dapat dinegosiasikan dengan menyesuaikan jumlah kebutuhan proyek Anda. Kami menyediakan Plafon PVC dengan berbagai model dan tipe serta ukuran yang bervariasi dari merk-merk ternama yang ada di pasaran, yang terjamin mutu dan kualitasnya. Meskipun ada banyak merk Plafon…

Rp 155.000
Tersedia
Terpopuler

Rangka Baja Ringan Terpasang

Rangka Baja Ringan Terpasang – Sebelum melakukan pemasangan baja ringan pada atap rumah kita ada baiknya kita memahami terlebih dahulu mengenai pengertian baja ringan. Baja Ringan merupakan baja berkualitas tinggi dan memiliki sifat ringan dan tipis namun tanpa mengurangi kekuatan ataupun kekokohannya. Search keyword:harga rangka baja ringan, rangka baja ringan limasan, rangka baja ringan atap…

Rp 125.000
Tersedia / C75.075mm
Terpopuler

PAKET TASO RANGKA ATAP BAJA RINGAN + GENTENG METAL PASIR

PAKET TASO RANGKA ATAP BAJA RINGAN + GENTENG METAL PASIR _______________________________ Rp 235.000 / m2 Keunggulan menggunakan rangka atap baja ringan taso : Efisien Tahan terhadap api Tidak dimakan rayap Kuat dan tahan lama Tidak ada perawatan Lebih tahan karat Pengerjaan lebih cepat Flexible, bisa digunakan untuk berbagai bentuk atap Dihitung dengan software khusus, jadi…

Rp 235.000
Tersedia / C75.075mm

Pasang Atap Baja Ringan dan Genteng Metal Pasir

Pasang Atap Baja Ringan Murah Jogja Prambanan Klaten Rp 175.000/m2 Pasang Rangka Atap Baja Ringan dan genteng metal pasir merupakan kombinasi yang bagus untuk atap bangunan Anda, lebih hemat dan anti bocor membuat paket ini banyak di minati konsumen kami. Spesifikasi Rangka C75.75e Reng 30.40 Genteng Metal Pasir Jarak Kuda-kuda Max. 120 cm Garansi Konstruksi 10…

Rp 175.000
Tersedia / C75.075e

Perbedaan Baja Galvanis dan Galvalum yang Perlu Anda Ketahui

Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

M.Iqbal
● online
Intan
● online
DIAN
● online
M.Iqbal
● online
Halo, perkenalkan saya M.Iqbal
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja