• Pelayanan Kami ❯ Melayani Jasa Bungkar Atap Lama Di Ganti Baja Ringan SURVE Dan Konsultasi GRATiis..!! 24 JAM Tlpn = 0274 2853197
  • Hubungi Kami ❯ WA 0815.1117.1631 / 0877.17171.500 Baja Ringan Klaten, Baja Ringan Jogja, Baja Ringan Magelang, Baja Ringan Bantul
Beranda » Blog » Perbedaan Atap Fiber dan Atap Polycarbonate : Mana yang Lebih Baik?

Perbedaan Atap Fiber dan Atap Polycarbonate : Mana yang Lebih Baik?

Diposting pada 25 Desember 2021 oleh admin / Dilihat: 77 kali / Kategori:

 

Jika Anda sedang membuat suatu bangunan atau rumah, pastinya Anda juga menginginkan atap yang kompatibel, berkualitas, dan sesuai dengan temanya bukan? Nah, tak perlu khawatir karena banyak sekali jenis atap yang bisa Anda gunakan. Diantaranya adalah atap fiber dan atap polycarbonate. Lalu, apa perbedaan atap fiber dan atap polycarbonate?

Ada beberapa perbedaan apa perbedaan atap fiber dan atap polycarbonate yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bangunan Anda. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak artikel ini sampai selesai, ya!

Yuk Ketahui Perbedaan Atap Fiber dan Atap Polycarbonate !

Sebelum mengetahui perbedaan atap fiber dan atap polycarbonate, ada baiknya Anda mengetahui definisi dari atap fiber dan atap polycarbonate terlebih dahulu, ya !

Apa Itu Atap Fiber?

Atap fiber merupakan salah satu jenis atap transparan yang tersusun dari bahan fiber atau serat plastik yang kuat. Atap ini bisa Anda gunakan sebagai solusi untuk pencahayaan alami di dalam ruangan yang natural. Atap fiber sering juga disebut sebagai atap fiberglass. 

Jenis atap ini memang sangat mudah Anda temukan di pasaran dan memiliki kualitas yang unggul jika diaplikasikan untuk atap bening atau transparan pada bangunan seperti kanopi teras rumah , pabrik bahkan dinding skylight. Penting untuk Anda pahami bahwa atap fiberglass tersusun dari serat fiber polyester dan serat kaca yang membuat atap tersebut tahan terhadap berbagai perubahan cuaca.

Apa Itu Atap Polycarbonate?

Setelah mengetahui apa itu atap fiber, kini saatnya Anda mengetahui apa itu atap polycarbonate. Atap polycarbonate adalah jenis atap yang memiliki material thermoplastic polymer. Material polycarbonate mempunyai sifat sederhana yang sangat memudahkan pengerjaan. Diantaranya adalah mudah dicetak dan mudah dibentuk dalam keadaan panas. 

Maka tak heran jika jenis atap ini banyak digunakan pada industri kimia. Memiliki sifat tahan lama, transparan, ringan, bahkan bisa tahan terhadap berbagai suhu ekstrim menjadikan atap polycarbonate sebagai salah satu material unggul yang biasa digunakan untuk pengganti kaca.

 Apa Perbedaan Atap Fiber dan Atap Polycarbonate

 

  • Bahan Baku

Perbedaan utama antara keduanya adalah salah satu jenis atap transparan yang tersusun dari polimer termoplastik dan bersifat lentur juga mudah dibentuk.  Sedangkan atap fiber merupakan jenis atap yang terbuat dari fiber komposit. 

Nah, hal ini disebabkan atap fiber tersusun dari beberapa bahan kimia seperti erosil, resin, dan serat kaca. Maka tak heran jika secara visual tampilan dari atap fiber tidak sejernih atap polycarbonate. Meski begitu, keduanya bisa menjadi pilihan Anda jika mencari jenis atap yang transparan, kuat, dan ringan.

  • Pilihan Warna 

Pilihan warna merupakan salah satu pertimbangan utama dalam memilih jenis atap. Nah, Anda tidak perlu cemas karena secara visual atap polycarbonate dan  fiber mempunyai banyak varian warna yang dapat disesuaikan dengan keinginan Anda. Cukup estetik bukan?

Jika Anda menghendaki atap transparan yang memiliki kejernihan seperti kaca maka Anda bisa memilih menggunakan jenis atap polycarbonate. Spesifiknya, Anda bisa memilih varian TwinLite atau SolarTuff, keduanya merupakan jenis atap polycarbonate yang paling populer dan banyak digunakan saat ini. 

TwinLite dan SolarTuff juga tersedia dalam berbagai varian warna seperti bronze, grey, blue, dan juga berbagai pilihan lainnya. Namun, jika Anda tidak menyukai jenis atap yang sangat transparan, Anda juga bisa menggunakan jenis atap fiber. Atap fiber memiliki tampilan serta kaca yang membuat tampilannya terlihat blur dan bertekstur, oleh karena itu level kejernihan pada varian warna clear sekalipun akan cenderung berubah. 

Tentu saja berbeda dengan varian warna clear pada atap polycarbonate yang sangat jelas dan transparan. Jika menghendaki menggunakan atap Fiber, maka,Anda dapat memilih merk Ultra Cool, Alsynite Ultra, atau Everlite R74.  

  • Tahan Bahan Kimia

Perbedaan atap fiber dan atap polycarbonate berikutnya adalah pada tingkat resistensi terhadap bahan kimia. Perbedaan ini disebabkan oleh adanya senyawa kimia penyusun atap fiber yang berfungsi sebagai pengikat. Atap fiber berfungsi seperti Ultra atau Ultra Cool yang memiliki ketahanan terhadap bahan-bahan kimia, sehingga tak heran jika resiko kerusakannya rendah.  

Sementara itu, atap polycarbonate malah mempunyai kemungkinan untuk bereaksi dengan beberapa bahan kimia. Maka dari itu, sebaiknya Anda lebih berhati-hati saat melakukan perawatan atap polycarbonate. Dengan adanya resiko ini, tentu tidak disarankan untuk menggunakan cairan yang mengandung bahan kimia berbahaya saat membersihkannya.  

  • Profil

Keduanya  ternyata juga tersedia dalam berbagai varian profil yang bisa  dipilih sesuai dengan keinginan Anda. Jenis atap polycarbonate seperti SolarTuff memiliki tiga varian profil yakni Greca, Roma,dan Trimdek. Nah, berbeda dengan profil atap polycarbonate yang jumlahnya cenderung sedikit. Sementara atap fiber malah memiliki ratusan pilihan profil. 

Hal ini disebabkan proses penggunaan atap fiber yang bersamaan dengan atap metal. Oleh karena itu, profil atap fiber bisa didesain khusus dengan menyesuaikan desain atap metal dari berbagai merek yang ada.

  • Transmisi Cahaya

Perbedaan atap fiber dan atap polycarbonate berikutnya adalah transmisi cahaya. Sebagai salah satu jenis atap transparan, polycarbonate dan fiber memang sengaja didesain untuk memenuhi kebutuhan pencahayaan alami pada ruangan. Meski begitu, Anda harus tahu bahwa transmisi cahaya yang masuk ke dalam ruangan akan ditentukan oleh pilihan warna yang sedang Anda gunakan. 

Semakin gelap warna yang Anda gunakan pada atap polycarbonate, maka semakin sedikit pula cahaya yang bisa ditransmisikan. Atap polycarbonate memang memiliki range transmisi cahaya yang cenderung lebih luas karena ketersediaan warnanya yang lebih beragam. Transmisi cahaya yang bisa diloloskan oleh atap polycarbonate minimum adalah 4% sedangkan maksimum 89%. Sedangkan transmisi cahaya yang bisa diloloskan oleh atap fiber berkisar antara 36% hingga 74%

  • Kemudahan Instalasi

Proses instalasi pada atap polycarbonate bisa dilakukan dengan beberapa langkah yang simpel. Anda bisa melakukan proses instalasi tanpa membutuhkan jasa profesional atau kontraktor. Menarik bukan? Selain struktur atap polycarbonate yang ringan, sistem kuncian yang ada pada ujung lembaran juga membantu proses instalasi menjadi lebih mudah. 

Nah, begitu juga dengan atap fiber. Atap fiber mempunyai fitur pengunci yang bisa digunakan untuk seluruh profil dan jenis atapnya. Hanya saja, fitur pengunci yang digunakan di atap polycarbonate hanya bisa ditemukan pada varian tertentu saja seperti atap polycarbonate gelombang SolarTuff Corrugated dan Twinlite Greca.

  • Garansi

Tentu saja atap polycarbonate dan atap fiber, masing-masing telah mempunyai jaminan garansi. Untuk seluruh jenis atap polycarbonate seperti TwinLite dan SolarTuff memiliki garansi selama 15 tahun. Tak berbeda dengan polycarbonate. Atap fiber Alsynite Everlite R74 juga memiliki garansi 15 tahun. Sedangkan untuk atap fiber Alsynite Ultra dan Alsynite Ultra Cool malah memiliki jangka waktu yang lebih lama, yakni 25 tahun.

Itulah perbedaan atap fiber dan atap polycarbonate. Setelah mengetahui kekurangan dan kelebihannya masing-masing, sudahkan Anda memutuskan untuk memilih menggunakan atap yang mana? Pastikan gunakan jenis atap yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya ! 

Pasang Baja Ringan

Jika Anda masih bingung untuk menentukan jenis atap yang paling sesuai dengan bangunan atau rumah Anda, maka Anda juga bisa berkonsultasi di bajaringanbantul. Bajaringanbantul akan melayani kebutuhan Anda hingga tuntas. Sangat efektif, bukan? Semoga artikel ini membantu.

 

Tags: ,

Bagikan ke

Perbedaan Atap Fiber dan Atap Polycarbonate : Mana yang Lebih Baik?

Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama memberikan komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Terpopuler

Rangka Baja Ringan Murah Taso

Rangka Baja Ringan Murah Taso – Dalam hal ini baja ringan sudah banyak menggantikan peran kayu dengan baja konvensional sebagai penyanggah pada rumah.ada satu merek baja ringan yang sudah sangat populer baik di pasaran yaitu baja ringan taso. Rangka baja ringan taso ini biasa digunakn dengan teknologi terbaru baik itu struktur atap yang bisa menerapkan…

Rp 180.000
Tersedia / Baja Taso

Daftar Harga Jasa Pasang Plafon Pvc 2024

Jasa Pasang Plafon Pvc 2024 – Harga Jasa Pasang Plafon Pvc yang kami tawarkan relatif lebih murah dan dapat dinegosiasikan dengan menyesuaikan jumlah kebutuhan proyek Anda. Kami menyediakan Plafon PVC dengan berbagai model dan tipe serta ukuran yang bervariasi dari merk-merk ternama yang ada di pasaran, yang terjamin mutu dan kualitasnya. Meskipun ada banyak merk Plafon…

Rp 155.000
Tersedia

Pasang Atap Baja Ringan dan Genteng Metal Pasir

Pasang Atap Baja Ringan Murah Jogja Prambanan Klaten Rp 175.000/m2 Pasang Rangka Atap Baja Ringan dan genteng metal pasir merupakan kombinasi yang bagus untuk atap bangunan Anda, lebih hemat dan anti bocor membuat paket ini banyak di minati konsumen kami. Spesifikasi Rangka C75.75e Reng 30.40 Genteng Metal Pasir Jarak Kuda-kuda Max. 120 cm Garansi Konstruksi 10…

Rp 175.000
Tersedia / C75.075e

PASANG RANGKA ATAP BAJA RINGAN TASO UNTUK GENTENG RINGAN

PASANG RANGKA ATAP BAJA RINGAN TASO UNTUK GENTENG RINGAN _______________________________ Rp 170.000 / m2 Search keyword:pasang rangka atap baja ringan, pasang atap baja ringan tanpa reng, pasang genteng baja ringan, pasang rangka baja ringan, pasang rangka baja Keunggulan menggunakan rangka atap baja ringan taso : Efisien Tahan terhadap api Tidak dimakan rayap Kuat dan tahan…

Rp 170.000
Tersedia / C75.075mm

PAKET BAJA TASO RANGKA ATAP BAJA RINGAN UNTUK GENTENG BERAT

PAKET BAJA TASO RANGKA ATAP BAJA RINGAN UNTUK GENTENG BERAT _______________________________ Rp 180.000 / m2 Keunggulan menggunakan rangka atap baja ringan taso : Efisien Tahan terhadap api Tidak dimakan rayap Kuat dan tahan lama Tidak ada perawatan Lebih tahan karat Pengerjaan lebih cepat Flexible, bisa digunakan untuk berbagai bentuk atap Dihitung dengan software khusus, jadi…

Rp 180.000
Tersedia / C75.075mm

Jasa Pemasangan Kanopi Bajaringan Atap Galvalum Pasir

Jasa Pemasangan Kanopi Bajaringan Atap Galvalum Pasir Search keyword:jasa pasang kanopi baja ringan per meter, jasa pemasangan kanopi baja ringan, jasa pasang kanopi baja ringan bandung, jasa pasang kanopi baja ringan bekasi Jasa Pemasangan Kanopi Bajaringan Atap Galvalum Pasir – Baja ringan sudah sangat banyak di gunakan baik untuk rangka atap, kanopi, atau bahkan untuk bangunan…

Rp 175.000
Tersedia / C75.075mm

Perbedaan Atap Fiber dan Atap Polycarbonate : Mana yang Lebih Baik?

Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

M.Iqbal
● online
Intan
● online
DIAN
● online
M.Iqbal
● online
Halo, perkenalkan saya M.Iqbal
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja