• Pelayanan Kami ❯ Melayani Jasa Bungkar Atap Lama Di Ganti Baja Ringan SURVE Dan Konsultasi GRATiis..!! 24 JAM Tlpn = 0274 2853197
  • Hubungi Kami ❯ WA 0815.1117.1631 / 0877.17171.500 Baja Ringan Klaten, Baja Ringan Jogja, Baja Ringan Magelang, Baja Ringan Bantul
Beranda » Blog » Perbandingan Genteng Metal dan Tanah, Seperti Apa?

Perbandingan Genteng Metal dan Tanah, Seperti Apa?

Diposting pada 25 Desember 2021 oleh admin / Dilihat: 75 kali / Kategori: , ,
Perbandingan Genteng Metal dan Tanah, Seperti Apa?

Perbandingan Genteng Metal dan Tanah, Seperti Apa?

Banyak masyarakat yang belum mengetahui, jika perbandingan genteng metal dan tanah memiliki keunikan dan keunggulannya tersendiri. Dibalik itu, genteng metal terlihat lebih baik karena menggunakan bahan metal yang awet. Genteng tanah, juga lebih dulu digunakan masyarakat dan kini berevolusi menjadi genteng metal.

Namun, apakah genteng metal lebih baik dari genteng tanah? Belum tentu, genteng tanah meski digunakan sejak lama memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri dibanding genteng metal. Untuk itu, pilihan genteng tanah maupun metal sebenarnya unggul di berbagai tempat dan bagaimana rumah itu dibangun.

Berikut perbandingan genteng metal dan tanah, seperti apa?

Genteng Metal

Genteng metal, merupakan genteng modern yang memiliki banyak kelebihan dan banyak dipilih daripada genteng tanah. Hampir di berbagai jenis rumah modern, menggunakan metal karena telah memenuhi syarat daya tahan terbaik hingga stabilitas yang tinggi.

Produsen mengklaim, jika genteng metal hanya memerlukan perawatan yang sedikit dibanding atap rumah lainnya yang menggunakan bahan aluminium, tembaga dan seng. Bahan-bahan yang berbeda, digunakan pada genteng metal ini membuat genteng tersebut banyak digunakan saat ini. 

Banyak hal positif jika rumah anda menggunakan genteng metal seperti tahan lama dan minim kerusakan. Tak heran, banyak masyarakat yang memilih metal sebagai atap rumah karena sangat populer dan harganya yang terjangkau. Meski metal berguna sebagai genteng rumah, genteng metal sangat tahan air dan penting bagi ketahanan atap sehingga cocok di berbagai jenis bangunan.

Seringkali, terjadi angin kencang yang melanda sebuah wilayah. Adanya genteng metal, hal ini membuat fungsi metal menjadi berguna untuk atap bangunan dengan kualitas yang tinggi dan tak mudah dihancurkan. Beban pada air juga, juga mempengaruhi atap rumah dan bahan yang digunakan.

Saat musim hujan, intensitas air yang tinggi menyebabkan genteng rumah perlu memiliki ketahanan yang kuat dan kokoh. Pada akhirnya, banyak yang memiliki genteng metal sebagai solusi untuk genteng rumah yang kuat dan tahan bocor meski diterpa hujan angin dan badai yang cukup tinggi di wilayah tersebut.

Disisi lain, genteng metal juga berguna untuk melindungi rumah dari kebakaran yang terjadi. Untuk itu, anda perlu memilih bahan material yang tepat untuk atap rumah agar rumah anda aman dan kokoh meski tertimpa kebakaran yang cukup hebat. 

Sementara itu, fungsi lain dari genteng metal adalah kualitasnya yang bagus dan tahan terhadap jamur serta perubahan suhu yang ekstrem. Pada akhirnya, genteng metal juga mampu menahan suhu panas di siang hari dan dingin pada malam hari sangat cocok bagi Anda yang mau pasang baja ringan dan genteng metal untuk atapnya.

Genteng metal, juga memberi beban pada atap rumah yang ringan dibanding bahan lainnya. Sehingga, rumah anda akan tetap kokoh dan terlihat megah meski menggunakan bahan metal yang ringan. Tak heran, jika genteng metal dapat bisa digunakan di semua arsitektur bangunan karena tahan lama dan tahan terhadap penyusutan serta retakan yang terjadi akibat cuaca ekstrem.

Alasan lain kenapa genteng metal banyak dipilih, karena metal yang terdapat pada genteng bisa tahan hingga 20 sampai 50 tahun. Dengan beragam model, anda bisa leluasa memilih model genteng metal yang disukai serta lebih efisiensi energy dalam menjaga rumah agar lebih dingin saat cuaca panas.

Genteng Tanah

Genteng tanah, merupakan genteng yang telah ada sejak zaman dahulu yang biasa digunakan untuk membangun rumah. Tak heran, masih banyak rumah-rumah di pedesaan memakai genteng model ini karena menghemat biaya dibanding menggunakan genteng metal. Cocok digunakan dengan iklim di Indonesia, genteng ini disukai karena relatif terjangkau dan hemat budget.

Meski begitu, produksi genteng tanah akan terus berlanjut meski saat ini banyak rumah-rumah baru menggunakan genteng metal. Genteng ini, sebenarnya sama dengan batu bata namun dibuat dengan cara tradisional dengan bahan tanah liat. Proses membuat genteng tanah ini, dicetak lalu dibakar dalam tungku api tradisional hingga terlihat kering dan rapi.

Genteng tanah juga tersedia dalam beragam jenis dan bentuk yaitu, natural dan glazur transparan. Meksi terlihat gampang, nyatanya membuat genteng ini cukup rumit. Ada pemilihan bahan baru dimana genteng harus mengandung senyawa kaolin sehingga tak semua jenis tanah bisa digunakan untuk pembuatan genteng.

Biasanya, tanah liat ini memiliki kualitas yang bagus dan bisa didapat dalam area lading, perkebunan hingga lapangan yang luas. Dalam pengelolaannya, tanah liat perlu diolah dan dibersihkan terlebih dahulu hingga teksturnya halus dan rata. Jangan lupa, tanah liat juga perlu dicampurkan dalam mesin penggiling agar mudah diolah.

Pada proses pencetakan, tanah liat akan dicetak melalui mesin press dan dirapikan terlebih dahulu serta dibentuk pipih menggunakan batang kayu dengan cara dipukul. Hal itu bertujuan, agar tanah liat lebih padat saat dipanaskan dan sesuai dengan mesin press sehingga menghasilkan genteng tanah terbaik.

Setelah proses pembakaran, tanah liat akan dikeringkan 4 hingga 5 hari di bawah matahari lalu dianginkan dalam gudang sekitar dua minggu. Lalu, tanah liat harus dikeringkan dengan suhu 600 derajat celcius agar bagian dalam dan permukaan genteng bisa merata dan genteng menjadi padat dan lebih kuat.

Jangan salah, perbandingan genteng metal dan tanah liat ini juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Salah satu kelebihan genteng tanah, adalah harganya yang murah serta bisa menyerap panas. Tak kalah dari genteng metal, genteng tanah juga tak biasing jika terkena hujan dan telah teruji kokoh serta tahan lama.

Namun, kekurangan genteng ini adalah mudah berjamur dan berlumut. Disisi lain, jika terjadi badai dan hujan deras akan rawan bocor jika tak dirawat secara berkala. Warna genteng setelah digunakan bertahun-akun akan cepat memudar dan mudah pecah.

Tips Memilih Genteng dengan Kualitas Terbaik

Genteng metal dan tanah, sama-sama memiliki beragam keunggulan dan kekurangan. Faktor tampilan genteng, perlu anda pertimbangkan sebelum membeli genteng dengan kualitas terbaik. Disisi lain, warna genteng dan suara genteng juga perlu anda cek agar genteng terlihat kokoh dan solid sehingga tak menimbulkan suara aneh dan nyaring saat diketuk.

Selain itu, uji daya genteng bisa anda lakukan dengan menyusun beberapa genteng. Jika genteng tersebut kuat, maka genteng tersebut termasuk genteng yang bagus dan patut anda pilih. Ada baiknya anda membeli genteng di lokasi tujuan agar genteng yang anda beli di online atau e-commerce tak berbeda dengan aslinya.

Dengan memilih genteng terbaik, anda bisa membangun atap rumah yang cocok dengan budget dan lokasi rumah anda. Genteng metal dan genteng tanah tak masalah untuk anda pilih, untuk itu perbandingan genteng metal dan tanah perlu menjadi pertimbangan anda untuk memilih genteng berkualitas.

Jika mencari genteng atau pasang rangka atap baja ringan, datangi bajaringanbantul.com di daerah Klaten dan Jogja. Harga pasang mulai dari Rp 135.000 – 190.000 anda bisa meminta pemasangan yang sesuai dengan kualitas yang anda mau. Selain itu anda bisa hubungi:

Email: bajaringanprambanan@gmail.com

WhatsApp : 081329896400

Tags: , ,

Bagikan ke

Perbandingan Genteng Metal dan Tanah, Seperti Apa?

Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama memberikan komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Pasang Atap Baja Ringan dan Genteng Metal Pasir

Pasang Atap Baja Ringan Murah Jogja Prambanan Klaten Rp 175.000/m2 Pasang Rangka Atap Baja Ringan dan genteng metal pasir merupakan kombinasi yang bagus untuk atap bangunan Anda, lebih hemat dan anti bocor membuat paket ini banyak di minati konsumen kami. Spesifikasi Rangka C75.75e Reng 30.40 Genteng Metal Pasir Jarak Kuda-kuda Max. 120 cm Garansi Konstruksi 10…

Rp 175.000
Tersedia / C75.075e

Daftar Harga Jasa Pasang Plafon Pvc 2024

Jasa Pasang Plafon Pvc 2024 – Harga Jasa Pasang Plafon Pvc yang kami tawarkan relatif lebih murah dan dapat dinegosiasikan dengan menyesuaikan jumlah kebutuhan proyek Anda. Kami menyediakan Plafon PVC dengan berbagai model dan tipe serta ukuran yang bervariasi dari merk-merk ternama yang ada di pasaran, yang terjamin mutu dan kualitasnya. Meskipun ada banyak merk Plafon…

Rp 155.000
Tersedia

Harga Jasa Pasang Atap Baja Ringan

Harga Jasa Pasang Atap Baja Ringan – Kami informasikan harga Jasa baja ringan Jogja, Rangka atap baja ringan Jogja, Jasa pemasangan baja ringan Jogja, rangka baja ringan Jogja, harga pemasangan baja ringan Jogja, harga baja ringan Jogja, harga galvalum Jogja, tukang baja ringan Jogja, baja ringan Jogja murah di tahun ini. Bagi anda yang ingin / bertempat tinggal di Yogyakarta, Bantul, Sleman, Gunungkidul, Kulon…

Rp 125.000
Tersedia

PASANG RANGKA ATAP BAJA RINGAN TASO UNTUK GENTENG RINGAN

PASANG RANGKA ATAP BAJA RINGAN TASO UNTUK GENTENG RINGAN _______________________________ Rp 170.000 / m2 Search keyword:pasang rangka atap baja ringan, pasang atap baja ringan tanpa reng, pasang genteng baja ringan, pasang rangka baja ringan, pasang rangka baja Keunggulan menggunakan rangka atap baja ringan taso : Efisien Tahan terhadap api Tidak dimakan rayap Kuat dan tahan…

Rp 170.000
Tersedia / C75.075mm
Terpopuler

Rangka Baja Ringan Murah Taso

Rangka Baja Ringan Murah Taso – Dalam hal ini baja ringan sudah banyak menggantikan peran kayu dengan baja konvensional sebagai penyanggah pada rumah.ada satu merek baja ringan yang sudah sangat populer baik di pasaran yaitu baja ringan taso. Rangka baja ringan taso ini biasa digunakn dengan teknologi terbaru baik itu struktur atap yang bisa menerapkan…

Rp 180.000
Tersedia / Baja Taso
Paling Laris

kanopi Baja Ringan Atap Galvalum

kanopi Baja Ringan Atap Galvalum – Baja ringan bisa disebut sebagai truss yang salah satu konstruksi untuk atap rumah yang digunakan untuk pengganti kayu. Ini sangat baik untuk atap toko,rumah,ruko,sekolah dan model atap lainya seperti mode prisma, pelana,joglo,dan lain sebagainya. Baja ringan sudah sangat banyak di gunakan baik untuk rangka atap, kanopi, atau bahkan untuk…

Rp 165.000
Tersedia / kanopi ekonomis

Perbandingan Genteng Metal dan Tanah, Seperti Apa?

Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

M.Iqbal
● online
Intan
● online
DIAN
● online
M.Iqbal
● online
Halo, perkenalkan saya M.Iqbal
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja