• Pelayanan Kami ❯ Melayani Jasa Bungkar Atap Lama Di Ganti Baja Ringan SURVE Dan Konsultasi GRATiis..!! 24 JAM Tlpn = 0274 2853197
  • Hubungi Kami ❯ WA 0815.1117.1631 / 0877.17171.500 Baja Ringan Klaten, Baja Ringan Jogja, Baja Ringan Magelang, Baja Ringan Bantul
Beranda » Blog » 5+ Cara Membuat Struktur Baja ringan yang Kuat untuk Atap Rumah

5+ Cara Membuat Struktur Baja ringan yang Kuat untuk Atap Rumah

Diposting pada 25 Desember 2021 oleh admin / Dilihat: 72 kali / Kategori: ,
5+ Cara Membuat Struktur Baja ringan yang Kuat untuk Atap Rumah

5+ Cara Membuat Struktur Baja ringan yang Kuat untuk Atap Rumah

Atap rumah adalah salah satu bagian terpenting dalam pembangunan rumah. Dengan adanya atap, kita bisa terlindungi dari hujan, panas, dan segala marabahaya lainnya. Oleh karena itu, buatlah atap rumah yang berkualitas dengan baja ringan. Lalu, bagaimana cara membuat struktur baja ringan kuat?

Mau tahu jawabannya? Simak penjelasannya pada artikel kali ini, ya!

Cara Membuat Struktur Baja Ringan Kuat untuk Atap

Berikut adalah cara membuat struktur  baja ringan kuat, yuk langsung disimak penjelasannya.

  • Merakit & Memasang Rangka 

Pertama Anda harus merakit rangkanya terlebih dahulu, hal ini dilakukan apabila Anda membeli baja ringan yang belum dirakit. Dalam perakitan struktur atau rangka baja, Anda harus mengukur panjang, lebar, serta pengukuran kemiringan atap yang akan ditutup. 

Ukuran ini dapat digunakan untuk patokan dalam penggunaan panjang batang baja ringan pada pembuatan kuda-kudanya, yakni mencakup batang luar atas atau sisi miring, batang luar bawah serta batang dalam atau bisa disebut dengan pengaku.

Selanjutnya potong baja ringan sesuai ukurannya, lalu dirakit menjadi kuda-kuda yang disesuaikan dengan rencana dan bentang bentuk atap. 

 Anda wajib membentuk kuda-kuda yang standar yakni membentuk segitiga utuh untuk atap palana, atau segitiga kecil dan terpancung.

Dalam perakitan rangka kuda-kuda, sebaiknya Anda lakukan di area terbuka yang rata dan kering, baik itu di bawah ataupun atas, semisalnya pada dak beton.

Selain itu, Anda harus menggunakan baut  khusus dengan material baja berkualitas, sehingga kekuatan dan kestabilan rangka atau struktur atap baja ringan lebih terjamin. 

  • Pemeriksaan Kerataan Tumpuan dan Pemberian TAnda

Setelah melaksanakan pembuatan rangka atap, Anda harus memeriksa kerataan tumpuan dan siku sebelum memasangkan kerangka yang telah dirakit tadi. 

Selain itu, Anda harus memastikan kekuatan antara ikatan ring dan kolom di bawahnya. Lakukan pengukuran kuda-kuda sesuai dengan gambaran yang direncanakan dan jangan lupa berikan tanda, jarak ideal maksimalnya antara kuda-kuda ialah 1,2 meter masih sangat aman untuk jarak antar kuda-kuda dalam pasang baja ringan.   

  • Memasang Rangka Atap pada Tumpuan

Setelah kuda-kuda dirakit dan Anda pun sudah memeriksa kerataan tumpuannya, selanjutnya Anda bisa langsung memasangkan kerangka atap pada tumpuan dengan mengangkat dan didudukan pada tumpuan.

Pengangkatan kuda-kuda yang dirakit harus dilakukan secara hati-hati, agar tidak membuat kerusakan pada rakitnya serta dengan arah hadap posisi kanan kiri dengan tepat. Dudukan kuda-kuda pada ring balk titik tumpuan, yang sesuai dengan tanda yang telah diberikan tadi.

Anda harus memastikan kuda-kuda berada di posisi tegak lurus terhadap ring balok nya. Selanjutnya Anda dapat menyatukan kuda-kuda dan tumpuan pada Plat L atau dikenal juga dengan L Bracket. 

Anda bisa menggunakan sekrup untuk menyambungkan kuda-kuda dengan Plat L dan menggunakan baut angkur atau dynabolt untuk menyatukan Plat L dan ring balk.

Anda bisa menggunakan Plat L pada produk pabrik atau membuatnya sendiri dengan menggunakan Profil C. 

Jika kuda-kuda pertama sudah dipasang, maka Anda bisa memasang kuda-kuda lainnya sesuai dengan gambar perencanaan dan tanda yang diberikan pada tumpuan tadi. 

Jangan lupa, untuk memeriksa kembali puncak kuda-kuda atau istilahnya apex, agar memiliki tinggi yang sama sehingga pemasangan balok nok dilakukan dengan rata.

  • Pemasangan Balok nok, Pengaku, dan Lainnya

Setelah Anda menyelesaikan pemasangan kuda-kuda dan dipastikan tepat pemasangannya, Anda bisa langsung memasang kelengkapan lainnya, agar pemasangan kerangka baja ringan atap kuat dan kokoh, misalnya,  pada pemasangan balok nok yang menghubungkan antar puncak kuda-kuda.

Pemasangan batang pengaku atau bracing  sebagai pengikat antar kuda-kuda untuk menjamin pemasangan struktur baja ringan yang kokoh dan kuat.

Jangan lupakan untuk memasang kelengkapan lain seperti kasau atau usuk, reng,  dan talang jurai.  Pastikan pula pemasangan jarak reng disesuaikan dengan penutup atapnya.

  • Pemeriksaan Pemasangan Baja Ringan Atap 

Terakhir, setelah Anda menyelesaikan tahap-tahap di atas, lakukan pemeriksaan ulang untuk memastikan kekuatan atau kekokohannya, mulai dari kerangka yang dipasang dengan benar, kesamaan kemiringan atap, ketepatan jurai, kelurusan reng, dan hal lainnya.

Setelahnya, barulah Anda bisa menutupnya dengan genteng yang telah dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda, pasanglah genteng sesuai prosedurnya dan ditutup dengan memasang nok, pembuatan list plank serta lainnya.

Nah itulah 5 poin yang bisa Anda lakukan bersama rekan Anda dalam memasang kerangka atau struktur baja ringan atap yang kuat. 

Syarat Teknis Pembuatan Struktur Baja Ringan yang Kuat

Dalam pemasangan struktur atap baja ringan terdapat syarat teknis yang harus dipenuhi, agar pemasangan sesuai dengan harapan Anda, yakni cara membuat struktur baja ringan kuat dan kokoh. Berikut ini syarat teknisnya.

Kualitas Baja Ringan

Syarat teknis dalam pembuatan struktur baja ringan yakni Anda harus memilih baja ringan dengan kualitas baik, setidaknya lapisan pada baja memiliki daya tahan yang kuat sehingga tidak mengelupas. 

Lebih baik lagi jika Anda memilih baja ringan dengan standar SNI, sehingga pemasangan atau pembuatan struktur baja ringan awet dan tahan lama.  Perhatikan juga jenis pelapisan bajanya, Anda harus memilih lapisan baja ringan jenis seng atau dikenal dengan baja ringan galvalum.

Pemasangan Rangka

Hal yang tidak kalah pentingnya sebagai syarat teknis untuk diperhatikan ialah pemasangan rangka atau struktur yang tepat yakni:

  • Perakitan atap dipasang dengan posisi tegak lurus pada tumpuan
  • Kekuatan ikatan rangka atap dan ring balk dengan menggunakan dynabolt atau baut angkur
  • Puncak kuda-kuda yang terpasang dengan sama tinggi serta noknya harus sama rata
  • Kemiringan atap tidak boleh bergelombang dan harus sama rata

Nah itulah poin yang perlu Anda perhatikan sebagai syarat yang harus dipenuhi untuk pemasangan strukturnya.

Pengerjaan Pemasangan Kerangka

Selain kualitas baja ringan serta pemasangan rangkanya, syarat teknis lainnya yang harus dipenuhi ialah pengerjaan pemasangan yang tepat. 

Pengerjaan pemasangan kerangka yang tidak tepat dapat dan terjadi kesalahan akan memengaruhi perubahan bentuk dan berakhir pada kekuatan struktur yang tidak cukup kuat.

 Maka dari itu, diperlukan kecermatan atau ketelatenan dalam memasang struktur baja ringan. Jika Anda ingin berhasil memasang atau membuat struktur baja ringan, Anda bisa menyerahkannya ke tukang yang sudah ahli dan berpengalaman dalam memasang atap baja ringan. 

Dengan menyerahkannya kepada ahlinya, Anda bisa mendapatkan hasil pembuatan struktur yang kuat.

Nah itulah 3 poin yang perlu Anda perhatikan dalam cara membuat struktur baja ringan yang kuat untuk atap rumah.

Jika Anda membutuhkan baja ringan atau jasa pemasangan baja ringan yang terpercaya di daerah Bantul, Anda bisa menghubungi layanan Bajaringan Bantul.

 Di sana Anda bisa mendapatkan produk terkait baja ringan yang berkualitas. Jangan khawatir  soal harga, sebab layanan satu ini akan memberikan harga terbaik untuk Anda!  Langsung saja hubungi https://Bajaringanbantul.com

Tags: , ,

Bagikan ke

5+ Cara Membuat Struktur Baja ringan yang Kuat untuk Atap Rumah

Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama memberikan komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Daftar Harga Jasa Pasang Plafon Pvc 2024

Jasa Pasang Plafon Pvc 2024 – Harga Jasa Pasang Plafon Pvc yang kami tawarkan relatif lebih murah dan dapat dinegosiasikan dengan menyesuaikan jumlah kebutuhan proyek Anda. Kami menyediakan Plafon PVC dengan berbagai model dan tipe serta ukuran yang bervariasi dari merk-merk ternama yang ada di pasaran, yang terjamin mutu dan kualitasnya. Meskipun ada banyak merk Plafon…

Rp 155.000
Tersedia

Harga Jasa Pasang Atap Baja Ringan

Harga Jasa Pasang Atap Baja Ringan – Kami informasikan harga Jasa baja ringan Jogja, Rangka atap baja ringan Jogja, Jasa pemasangan baja ringan Jogja, rangka baja ringan Jogja, harga pemasangan baja ringan Jogja, harga baja ringan Jogja, harga galvalum Jogja, tukang baja ringan Jogja, baja ringan Jogja murah di tahun ini. Bagi anda yang ingin / bertempat tinggal di Yogyakarta, Bantul, Sleman, Gunungkidul, Kulon…

Rp 125.000
Tersedia
Terpopuler

Rangka Baja Ringan Terpasang

Rangka Baja Ringan Terpasang – Sebelum melakukan pemasangan baja ringan pada atap rumah kita ada baiknya kita memahami terlebih dahulu mengenai pengertian baja ringan. Baja Ringan merupakan baja berkualitas tinggi dan memiliki sifat ringan dan tipis namun tanpa mengurangi kekuatan ataupun kekokohannya. Search keyword:harga rangka baja ringan, rangka baja ringan limasan, rangka baja ringan atap…

Rp 125.000
Tersedia / C75.075mm

PAKET BAJA TASO RANGKA ATAP BAJA RINGAN UNTUK GENTENG BERAT

PAKET BAJA TASO RANGKA ATAP BAJA RINGAN UNTUK GENTENG BERAT _______________________________ Rp 180.000 / m2 Keunggulan menggunakan rangka atap baja ringan taso : Efisien Tahan terhadap api Tidak dimakan rayap Kuat dan tahan lama Tidak ada perawatan Lebih tahan karat Pengerjaan lebih cepat Flexible, bisa digunakan untuk berbagai bentuk atap Dihitung dengan software khusus, jadi…

Rp 180.000
Tersedia / C75.075mm

PASANG RANGKA ATAP BAJA RINGAN TASO UNTUK GENTENG RINGAN

PASANG RANGKA ATAP BAJA RINGAN TASO UNTUK GENTENG RINGAN _______________________________ Rp 170.000 / m2 Search keyword:pasang rangka atap baja ringan, pasang atap baja ringan tanpa reng, pasang genteng baja ringan, pasang rangka baja ringan, pasang rangka baja Keunggulan menggunakan rangka atap baja ringan taso : Efisien Tahan terhadap api Tidak dimakan rayap Kuat dan tahan…

Rp 170.000
Tersedia / C75.075mm

Jasa Pemasangan Kanopi Bajaringan Atap Galvalum Pasir

Jasa Pemasangan Kanopi Bajaringan Atap Galvalum Pasir Search keyword:jasa pasang kanopi baja ringan per meter, jasa pemasangan kanopi baja ringan, jasa pasang kanopi baja ringan bandung, jasa pasang kanopi baja ringan bekasi Jasa Pemasangan Kanopi Bajaringan Atap Galvalum Pasir – Baja ringan sudah sangat banyak di gunakan baik untuk rangka atap, kanopi, atau bahkan untuk bangunan…

Rp 175.000
Tersedia / C75.075mm

5+ Cara Membuat Struktur Baja ringan yang Kuat untuk Atap Rumah

Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

M.Iqbal
● online
Intan
● online
DIAN
● online
M.Iqbal
● online
Halo, perkenalkan saya M.Iqbal
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja