• Pelayanan Kami ❯ Melayani Jasa Bungkar Atap Lama Di Ganti Baja Ringan SURVE Dan Konsultasi GRATiis..!! 24 JAM Tlpn = 0274 2853197
  • Hubungi Kami ❯ WA 0815.1117.1631 / 0877.17171.500 Baja Ringan Klaten, Baja Ringan Jogja, Baja Ringan Magelang, Baja Ringan Bantul
Beranda » Blog » Apa Itu Overstek Atap dan Bagaimana Cara Hitungnya?

Apa Itu Overstek Atap dan Bagaimana Cara Hitungnya?

Diposting pada 25 Desember 2021 oleh admin / Dilihat: 92 kali / Kategori: ,

 

Siapa bilang membuat bangunan adalah hal yang mudah? Anda harus memahami, menghitung, dan mempertimbangkan banyak hal ! Salah satunya adalah memahami overstek atap. Namun jika masih bingung, Anda tidak perlu khawatir. Berikut adalah penjelasan mengenai apa itu overstek atap dan cara hitungnya.

Sebenarnya menghitung overstek atap bukanlah hal yang rumit. Hal ini karena penghitungan overstek atap telah memiliki rumus baku yang bisa dipelajari semua orang. Nah, untuk mempelajarinya pastikan Anda menyimak artikel ini hingga selesai, ya !

Apa Itu Overstek Atap? Bagaimana Menghitungnya?

Nah, selain mengetahui apa itu overstek atap, pastikan juga Anda memahami bagaimana cara menghitungnya, ya ! Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini :

Pengertian Overstek

Overstek merupakan salah satu bagian struktur atap yang menjadi ciri-ciri dari bangunan tropis. Overstek berfungsi untuk melindungi kusen atau dinding dari air hujan yang secara langsung mengenai struktur bangunan. Tanpa Overstke bagian yang langsung terkena air hujan ini akan mudah rapuh atau keropos. 

Selain itu overstek juga dapat digunakan untuk mengurangi sinar matahari yang secara langsung mengenai dinding dan kaca jendela. Secara teknis overstek dapat juga disebut sebagai bagian bangunan atau yang menggantung tanpa ditopang dinding, tiang, ataupun kolom yang menyangga struktur tersebut. 

Meski begitu, perlu Anda ketahui juga bahwa overstek tidak hanya digunakan pada proses pembuatan atap saja, namun juga bisa dimanfaatkan pada lantai tritisan,  bangunan, dan konstruksi-konstruksi lainnya. Nah, struktur yang biasa digunakan untuk membuat kosntruksi ini diantaranya adalah dari bahan cor-coran atau beton.

Pada umumnya, jarak overstek rangka atap berkisar 1 meter hingga 1,5 meter. Sementara itu, tinggi overstek bisa disesuaikan dengan kemiringan atap atau ketinggiannya dari lantai atas. Orang-orang juga biasa mengenal overstek dengan istilah lebihan dari atap. Tentu hal ini bukan tanpa alasan, mengingat overstek memang memiliki letak dan posisi yang selalu menjurus keluar dari atap. 

Nah, bagian lebihan atap itulah yang berguna untuk menahan jatuhnya air hujan ke tanah. Dengan begitu, air hujan tidak langsung mengenai dinding bangunan. Overstek tidak hanya terbentuk dari lebihan atap, lho. 

Overstek juga bisa dibentuk dengan menggunakan balok lantai dua yang berjarak atau lebarnya lebih dari lantai satu. Bahkan, tulangan yang biasa menonjol keluar dari bangunan juga bisa difungskan dan disebut sebagai overstek, baik ring balk ataupun rangka atap.

Ketentuan Jarak Bebas dan Overstek

Setelah mengetahui apa itu overstek, kini saatnya Anda mempelajari ketentuan jarak bebas dan overstek. Nah, jarak bebas adalah jarak minimum bangunan yang biasa diletakkan dari bidang terluar suatu massa bangunan ke posisi garis sempadan jalan, pagar atau batas lahan yang dibangun atau rencana saluran, massa-massa antar bangunan lain, jaringan tegangan, jaringan pipa gas, listrik dan sebagainya. 

Nah, aturan mengenai jarak bebas ini juga bisa berbeda-beda antara satu wilayah dengan wilayah yang lain. Anda bisa melihatnya denganjelas dalam pedoman persyaratan teknis bangunan tunggal yang ditetapkan oleh pemerintah masing-masing daerah. 

Pada pedoman tersebut, pemerintah telah menetapkan jarak bebas yang mempunyai beberapa dasar penetapan, seperti ketinggian bangunan, tata letak massa suatu bangunan dalam satu wilayah perencanaan, dan tak ketinggalan jarak bebas dan overstek.

Apabila setiap lantai bangunan memiliki overstek, maka bisa disimpulkan jika dimensi lebar overstek dan pemanfaatan bidang mendatar overstek sebagai lantai bangunan juga akan mempengaruhi penetapan posisi ketentuan pada jarak bebas. Berikut merupakan ketentuan yang dapat Anda pelajari mengenai jarak bebas dan overstek:

  1. Apabila lebar overstek memiliki lebar kurang dari 1,5 meter dan bidang mendatarnya juga tidak dipergunakan untuk lantai bangunan, maka jarak bebas bisa Anda hitung dari as kolom daerah paling luar blok bangunan tersebut.
  2. Apabila  overstek memiliki lebar kurang dari 1,5 meter dan bidang mendatarnya akan dimanfaatkan sebagai lantai bangunan, maka jarak bebas bangunan bisa dihitung dari garis proyeksi bidang vertikal terluar dari overstek tersebut.
  3. Apabila overstek memiliki lebar lebih dari 1,5 meter dan bidang mendatarnya digunakan atau tidak digunakan untuk lantai bangunan, maka jarak bebas bangunan tersebut bisa Anda hitung melalui garis proyeksi bidang vertikal dari terluar overstek.
  4. Jika lebar overstek sangat beragam dan overstek tersebut memiliki tinggi lebih dari 1,5 meter yang mana bidang mendatarnya dimanfaatkan atau tidak dimanfaatkan untuk lantai bangunan, maka jarak bebasnya bisa Anda hitung melalui garis proyeksi bidang vertikal terluar overstek dengan menggunakan perhitungan lebar overstek maksimum.

Nah, berikut juga dapat Anda pelajari secara singkat mengenai ketentuan atau estimasi batasan pembuatan overstek:

  • Apabila Bidang Mendatar Dimanfaatkan

Apabila bidang mendatar telah dimanfaatkan sebagai lantai bangunan, maka jarak bebas bisa dihitung dari garis proyeksi bidang vertikal terluar dari overstek tersebut.

  • Jika Bidang Datar Tidak Dimanfaatkan

Jika bidang datar tidak digunakan sebagai lantai bangunan, maka Anda boleh menghitung jarak bebas dari as kolom paling luar dari blok bangunan.

Nah, dalam proses pembangunan atap, biasanya Anda harus menghitung overstek miring. Selanjutnya, angka yang diperoleh dari perhitungan tersebut bisa dimanfaatkan untuk menghitung total panjang sisi sayap atap. Cara ini cukup efektif dan akurat. Silahkan menggunakannya dalam rencana pasang baja ringan Anda.

Bagaimana Cara Menghitung Overstek?

Setelah mempelajari aturan atau estimasi batasan overstek, kini saatnya Anda belajar mengenai cara menghitung overstek. Meskipun prinsipnya sama dengan estimasi batasan overstek, namun proses penghitungan overstek membutuhkan kejelian dan penghitungan yang akurat. Pastikan Anda memahami rumus-rumus dibawah ini, ya ! Agar lebih mudah memahami, silahkan Anda simak contoh kasus dibawah ini, ya !

Soal :

Anggaplah Anda akan membuat sebuah atap bangunan yang memiliki ukuran 8 m x 8 m dengan sudut kemiringan 35 derajat. Bangunan ini juga telah memiliki overstek datar berukuran 100 cm. Lalu, bagaimana cara menghitung total panjang sisi sayap atau kuda-kuda atap ini?

Jawab:

  • Hitung Ketinggian Atap

T (tinggi atap) = 1/2 x lebar bangunan x tan a (kemiringan atap bangunan)

= 1/2 x 8 x tan35 (0,7)

= 2,8 m

  • Hitung Kemiringan Atap

K (kemiringan) = 1/2 lebar bangunan : cos a (kemiringan sudut atap bangunan)

= 1/2 x 8 : cos35 (0,8)

= 3,2 m

  • Overstek Miring

Os = Overstek datar : cos a (kemiringan sudut)

= 100 cm : cos35 (0,8)

= 80 cm / 1 m

  • Total Panjang Sisi Sayap Bangunan

Total = Kemiringan + Overstek miring

= 3,75 m + 80 m

= 4,50 m.

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa total panjang sisi sayap yang dibutuhkan adalah 4,50 m.

Itulah penjelasan mengenai apa itu overstek dan cara hitungnya. Tidak rumit bukan? Anda bisa mulai memahami dan menghitung overstek sesuai kebutuhan Anda. Namun, jika Anda masih kebingungan untuk menentukan overtsek atau pemasangan atap Anda juga bisa menggunakan jasa atau produk dari bajaringanbantul. Semoga artikel ini membantu !

 

Tags: ,

Bagikan ke

Apa Itu Overstek Atap dan Bagaimana Cara Hitungnya?

Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama memberikan komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

PAKET BAJA TASO RANGKA ATAP BAJA RINGAN UNTUK GENTENG BERAT

PAKET BAJA TASO RANGKA ATAP BAJA RINGAN UNTUK GENTENG BERAT _______________________________ Rp 180.000 / m2 Keunggulan menggunakan rangka atap baja ringan taso : Efisien Tahan terhadap api Tidak dimakan rayap Kuat dan tahan lama Tidak ada perawatan Lebih tahan karat Pengerjaan lebih cepat Flexible, bisa digunakan untuk berbagai bentuk atap Dihitung dengan software khusus, jadi…

Rp 180.000
Tersedia / C75.075mm

Harga Jasa Pasang Atap Baja Ringan

Harga Jasa Pasang Atap Baja Ringan – Kami informasikan harga Jasa baja ringan Jogja, Rangka atap baja ringan Jogja, Jasa pemasangan baja ringan Jogja, rangka baja ringan Jogja, harga pemasangan baja ringan Jogja, harga baja ringan Jogja, harga galvalum Jogja, tukang baja ringan Jogja, baja ringan Jogja murah di tahun ini. Bagi anda yang ingin / bertempat tinggal di Yogyakarta, Bantul, Sleman, Gunungkidul, Kulon…

Rp 125.000
Tersedia
Terpopuler

PAKET TASO RANGKA ATAP BAJA RINGAN + GENTENG METAL PASIR

PAKET TASO RANGKA ATAP BAJA RINGAN + GENTENG METAL PASIR _______________________________ Rp 235.000 / m2 Keunggulan menggunakan rangka atap baja ringan taso : Efisien Tahan terhadap api Tidak dimakan rayap Kuat dan tahan lama Tidak ada perawatan Lebih tahan karat Pengerjaan lebih cepat Flexible, bisa digunakan untuk berbagai bentuk atap Dihitung dengan software khusus, jadi…

Rp 235.000
Tersedia / C75.075mm

Daftar Harga Jasa Pasang Plafon Pvc 2024

Jasa Pasang Plafon Pvc 2024 – Harga Jasa Pasang Plafon Pvc yang kami tawarkan relatif lebih murah dan dapat dinegosiasikan dengan menyesuaikan jumlah kebutuhan proyek Anda. Kami menyediakan Plafon PVC dengan berbagai model dan tipe serta ukuran yang bervariasi dari merk-merk ternama yang ada di pasaran, yang terjamin mutu dan kualitasnya. Meskipun ada banyak merk Plafon…

Rp 155.000
Tersedia

PASANG RANGKA ATAP BAJA RINGAN TASO UNTUK GENTENG RINGAN

PASANG RANGKA ATAP BAJA RINGAN TASO UNTUK GENTENG RINGAN _______________________________ Rp 170.000 / m2 Search keyword:pasang rangka atap baja ringan, pasang atap baja ringan tanpa reng, pasang genteng baja ringan, pasang rangka baja ringan, pasang rangka baja Keunggulan menggunakan rangka atap baja ringan taso : Efisien Tahan terhadap api Tidak dimakan rayap Kuat dan tahan…

Rp 170.000
Tersedia / C75.075mm
Terpopuler

Rangka Baja Ringan Murah Taso

Rangka Baja Ringan Murah Taso – Dalam hal ini baja ringan sudah banyak menggantikan peran kayu dengan baja konvensional sebagai penyanggah pada rumah.ada satu merek baja ringan yang sudah sangat populer baik di pasaran yaitu baja ringan taso. Rangka baja ringan taso ini biasa digunakn dengan teknologi terbaru baik itu struktur atap yang bisa menerapkan…

Rp 180.000
Tersedia / Baja Taso

Apa Itu Overstek Atap dan Bagaimana Cara Hitungnya?

Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

M.Iqbal
● online
Intan
● online
DIAN
● online
M.Iqbal
● online
Halo, perkenalkan saya M.Iqbal
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja